Informasi Rukun Umroh Sesuai Sunnah, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.

Arti Umroh, Hukum & Syaratnya

Arti Umroh / Pengertian


Arti umroh adalah mengunjungi Baitullah untuk melakukan serangkaian ibadah yang sesuai dengan aturan Al-Qur’an dan Sunnah Hadist dari Rosulullah SAW. Berbeda dengan melakukan haji, Umroh memang tidak terbatas waktunya. Anda bisa melakukannya awal tahun, akhir tahun bahkan pertengahan tahun Hijriyah pun bisa. Tinggal Anda tentukan sendiri hari dan tanggal yang tepat. Anda pun bisa berangkat sendiri tanpa menggunakan jasa travel agensi seperti pada haji. Namun, meski bisa berangkat sendiri, Anda harus benar-benar menyiapkan dari awal. Mulai dari manasik, persiapan bekal untuk ke Tanah Suci dan keberangkatannya. Jangan sampai ibadah Anda terganggu hanya karena ada barang penting yang tertinggal.

Hukum, Syarat dan Rukun Umroh



Setelah Anda tahu arti dari umroh sebenarnya, sekarang Anda harus tahu bagaimana hukum, syarat dan rukun dalam melakukan ibadah umroh. Hukum melakukan ibadah umroh adalah sunnah. Namun, bagi orang muslim yang mampu, bila belum melaksanakan haji, lebih baik melaksanakan haji terlebih dahulu, baru melakukan umroh. Berapa kalipun Anda melakukan umroh juga tidak ada batasnya. Yang terpenting anda mampu memenuhi standar biaya umroh.


Sementara itu, syarat beribadah umroh yaitu :

  1. Islam, tentu saja. Anda harus beragama Islam untuk menunaikan ibadah umroh.
  2. Baligh. Tapi jika anak-anak diajak ikut, dibolehkan namun belum dihitung dengan umroh
  3. Berakal. Orang gila atau kurang dalam berakal belum diperbolehkan hingga ia sembuh total.
  4. Merdeka, yaitu tidak ada halangan dari pemerintah yang membuat dia dilarang untuk bepergian ke luar negeri.
  5. Mampu. Dalam hal ini Anda selain mampu membiayai diri sendiri umroh, juga mampu membiayai keluarga yang ditinggal.



Untuk rukun umrohnya adalah :


  1. Niat ihrom dan miqot
  2. Tawaf
  3. Sa’i
  4. Tahalul
  5. Tertib


Apabila ada salah satu rukun yang tidak Anda kerjakan, maka umroh Anda kurang sah dan diharuskan untuk membayar Dam atau denda sesuai dengan aturan yang berlaku dalam hukum Islam. Untuk itulah, Anda harus melaksanakan umroh dengan penuh keyakinan dan teliti sehingga tidak ada hal-hal yang tertinggal selama beribadah.


Fadilah Umroh Ramadhan:

keutamaan umroh bulan ramadhan sumber konsultasisyarah
Maka jelas berdasarkan hadist diatas, bagi kita yang belum menemui Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam jelas ini merupakan suatu berita baik. Nah, sekarang tinggal kita harus cermat memilih travel umroh yang mengerti tata cara sesuai tuntunan Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam sebagaimana pemahaman para sahabat ridwanullah alaihim. Hemat kami, ada salah satu travel umroh yang insyaAlloh tata caranya sesuai tuntunan dan menyediakan umroh ramadhan di Haramain yakni travel umroh haramaintour. Informasi lengkapnya silahkan kunjungi websitenya.




batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top